Jalan-jalan, Landscape, Pictures, Trip
Leave a Comment

Mampir ke Bumi Batak: Toba

Siapa sih yang ngga mau mampir ke Danau Toba? Sebagai salah satu tujuan wisata yang popular di Indonesia bahkan sudah sampai ke mancanegara, Danau Toba selalu menjadi idola bagi siapapun yang berkesempatan berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara. Namun, untuk menuju ke Parapat, kota di tepi Danau Toba, memang membutuhkan perjuangan.

Saat berkunjung ke Medan bulan November 2011, saya mendapat kesempatan untuk mampir ke Danau Toba. Ternyata untuk sampai  ke sana dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam perjalanan darat, tidak ada alternatif lain.

Untuk menuju Kota Parapat terdapat kendaraan umum berupa Bus jurusan Medan – Parapat maupun travel bus. Atau bias juga ditempuh lewat Berastagi.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Memiliki luas sekitar 3.000 kilometer persegi, danau ini terbentuk akibat ledakan erupsi yang terjadi sekitar 73.000 – 75.000 tahun yang lalu.

Untuk menikmati Danau Toba, saya berangkat dari Medan siang hari dan sampai di Parapat menjelang malam. Tidak punya waktu memang untuk melihat indahnya hamparan air danau karena kondisi kota sudah gelap dan hanya lampu yang menerangi rumah-rumah warga. Saya menginap di sebuah wisma dengan tarif 100 ribu per malam tanpa sarapan, lumayan murah untuk temoat wisata sekelas Danau Toba. Letak wisma ini juga sangat strategis di atas bukit, jadi indahnya danau jadi indahnya danau bisa dinikmati dari depan wisma tempat saya menginap.

Sayang, saya tak punya cukup waktu untuk sekedar mengelilingi kota dan melihat aktivitas masyarakat pesisir danau, apalagi untuk menyeberang ke Pulau Samosir ;(.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s