Features, Japan, Landscape, Pictures, Trip
Comments 5

Senja di Pulau Buatan, Odaiba

Ingin bertemu Robot Gundam seukuran aslinya? Atau ingin berfoto dengan Patung Liberty seperti yang ada di New York? datanglah ke Odaiba. Sebuah pulau buatan yang ada di Teluk Tokyo, Jepang. Menurut sejarah, awalnya pulau ini ‘dibangun’ untuk keperluan pertahanan bangsa Jepang. Namun seiring berjalannya waktu, pulau ini berkembang menjadi kota pelabuhan dan tumbuh menjadi area komersil, hiburan dan wisata.

Replika Patung Liberty dengan latar belakang Rainbow Bridge dan Kota Tokyo

Odaiba terhubung dengan pusat Kota Tokyo oleh sebuah jembatan dengan konstruksi yang sangat menakjubkan, Rainbow Bridge. Disebut Rainbow Bridge karena jika dilihat di malam hari, lampu-lampu yang menghiasi jembatan akan berubah-ubah warnanya. Bagian atas jembatan berfungsi sebagai jalan raya, sementara bagian bawah adalah rel yang digunakan untuk jalur monorel.

Cara paling cepat untuk menuju ke sana adalah dengan naik Yurikamome Rapid Transit Line (monorel) dari Stasiun Shimbashi. Kereta tanpa masinis ini, mengajak kita untuk ‘berselancar’ di atas rel yang berketinggian seukuran lantai 5 gedung bertingkat dan menyeberangi Rainbow Bridge dengan kecepatan tinggi.

Rainbow Bridge, yang menghubungkan pusat Tokyo dengan Odaiba

DSC_0387Menunggu matahari tenggelam dari Odaiba

Ada beberapa hal unik yang saya kunjungi di sini antara lain Patung Liberty yang berdiri tegak membelakangi Rainbow Bridge. Patung ini merupakan replika yang ada di Pulau Liberty, New York City. Kemudian ada Robot Gundam yang mungkin benar-benar seukuran aslinya di depan Tokyo Diver City dan ada bangunan dengan arsitektur unik yang tidak lain adalah markas Fuji TV. Ada juga beberapa pusat perbelanjaan, arena bermain dan hotel mewah yang tertata rapi memanfaatkan ruang pulau buatan ini.

Saran saya, datanglah ke Odaiba sore hari sambil menikmati matahari tenggelam di teluk Tokyo sampai malam hari tiba untuk melihat atraksi pencahayaan Rainbow Bridge.

DSC_0369Banyak turis yang datang untuk ‘hunting’ foto di sekitar berdirinya replika Patung LibertyDSC_0406Walking Track di depan Aqua City Mall

DSC_0365Markas Fuji TVDSC_0431Markas Fuji TVDSC_0425Robot Gundam di depan Tokyo Diver City PlazaDSC_0422 DSC_0429

Advertisements

5 Comments

  1. Sore Mba Ros…mau tanya nih..kalau saya mau ke Odaiba bisa pakai JR tokyo wide pass juga gak?saya agak bingung nih soal line kereta api di tokyo banyak banget…

    • Sore Mas Syarief…untuk ke Odaiba tidak tercover Tokyo Wide Pass. Melainkan memakai kereta Yurikamome Line dari stasiun Shimbashi. Bisa transit dari Yamanote Line di stasiun yang sama terus baru pindah ke Yurikamome Line dengan membeli tiket lagi.

  2. Sore Mba Ros…mau tanya nih,kalau saya ke odaiba bisa pakai jr tokyo wide pass jg gak?soalnya saya agak bingung nih line kereta api di tokyo banyak banget..makasih

  3. Inne says

    Hai sis,aku mau tnya jarak tempuh tokto-odaiba berapa lama ya dan jam berapa kita bisa melihat sunset di odaiba?thanks

    • Jarak tempuh ke Odaiba kurang lebih 1 jam atau bisa kurang, tergantung dari Tokyo sebelah mana. Kalau dari stasiun Shimbashi paling 15 menit. Sunset juga tergantung musim di Jepang, kalau musim dingin sunset akan lebih cepat beda dengan musim panas. Waktu itu saya bulan Mei matahari mulai tenggelam setelah jam 5 sore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s