Pictures, South Korea, Trip
Comments 10

Jinhae Gunhangje, Festival Bunga Sakura Terbesar di Korea

Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan bunga Sakura? Warna putih atau merah jambu kelopaknya dengan tangkai yang tumbuh memenuhi setiap ranting pohonnya mampu mengalihkan setiap pandangan mata. Momen mekarnya yang hanya berlangsung selama satu minggu setiap tahunnya, menjadikan bunga Sakura sebagai tujuan wisata eksklusif di musim semi.

Tidak mudah untuk memprediksi kapan tepatnya bunga Sakura akan mekar setiap tahunnya. Begitupun dengan merencanakan trip musim semi untuk mendapatkan momen langka ini. Bunga sakura mulai mekar jika suhu udara mulai menghangat setelah selesainya musim dingin. Di Korea, setiap daerah akan berbeda waktunya. Dari selatan ke utara, wilayah selatan sekitar Busan akan mendapatkan mekarnya bunga sakura terlebih dahulu dari akhir bulan Maret, sementara Seoul yang terletak di bagian utara tentunya akan lebih lambat yaitu sekitar pertengahan bulan April.

Saya merencanakan trip ke Korea tiga bulan sebelum keberangkatan, sebenarnya bukan sengaja untuk mengejar momen bunga Sakura tapi karena adanya tiket pesawat promo waktu itu. Hehehe. Setelah browsing ke sana ke mari mengumpulkan informasi untuk menyusun itinerary, baru sadar ternyata tanggal trip saya bertepatan dengan musim semi. Musim semi adalah musim yang identik dengan bunga Sakura. Sayangnya jadwal trip saya di akhir Maret sampai awal April terlalu dini untuk melihat bunga Sakura di Seoul. Tapi untungnya masih bisa mengejar Festival Bunga Sakura di Jinhae.

DSC01337-1

Festival dimulai, banyak stan yang menjual kuliner dan kerajinan tangan

DSC01364-1

Pohon Sakura yang memenuhi semua sudut jalanan Jinhae

DSC01516

Penunjuk jalan menuju Korea Naval Academy

DSC01496

Jalanan Jinhae dipenuhi pohon Sakura yang sedang mekar maksimal

Sekitar satu jam perjalanan bus dari Busan, Jinhae adalah tempat berdirinya Akademi Angkatan Laut Korea Selatan. Jinhae juga terkenal sebagai ‘rumah’ bagi Festival Bunga Sakura terbesar di Korea. Jinhae Gunhangje Cherry Blossom Festival berlangsung lebih awal dibanding festival di kota lain, yaitu sekitar awal bulan April karena udara di Jinhae relatif sudah lebih hangat dibanding di Seoul. Tahun ini, festival berlangsung dari tanggal 1 – 10 April.

Jinhae merupakan sebuah distrik di kota Changwon provinsi Gyeongsangnam, bagian selatan Korea. Saya menempuh one-day trip dari Seoul dengan menaiki kereta cepat ke Busan dan lanjut dengan bus menuju Jinhae begitupun sebaliknya. Dan saya pun bersyukur perjalanan saya terbayar dengan indahnya ribuan cherry blossom tepat saat puncak mekarnya. Bahkan sejak sampai di Busan, bunga Sakura sudah menghiasi kanan-kiri jalanan, hingga sepanjang perjalanan bus menuju Jinhae. Diperkirakan ada sekitar 340.000 pohon cherry yang menghiasi Jinhae.

Pemandangan spektakuler bunga Sakura dapat dilihat di sepanjang sudut jalan, sejauh mata memandang. Menjadi payung hidup atau kanopi selagi menyusuri trotoar jalan di Jinhae. Kelopak bunga yang jatuh beterbangan tertiup sejuknya angin musim semi menjadikan suasana semakin romantis. Believe me, it’s gorgeous, cherry blossoms are everywhere!

DSC01392DSC01416DSC01428

DSC01463

DSC01372-1

Saya datang ke Jinhae pada tanggal 2 April, sehari setelah festival resmi dibuka. Beruntungnya, itu bertepatan dengan puncak mekarnya bunga Sakura. Sialnya, karena pas weekend juga maka jumlah pengunjung sangat membludak yang menyebabkan susahnya mencari spot untuk mengambil gambar tanpa ada kerumunan manusia.

Ada dua spot paling direkomendasikan untuk melihat deretan pohon Sakura yang cantik yaitu di Yeojwacheon stream dan stasiun kereta Gyeonghwa. Jarak antar keduanya lumayan jauh, jadi saya lebih memilih untuk menuju ke Yeojwacheon stream karena bisa ditempuh dengan jalan kaki dari terminal bus Jinhae. Andaikan saja waktunya cukup, saya pasti tidak akan melewatkan keduanya.

DSC01447

Setiap pengunjung berebut mengabadikan bunga Sakura yang sedang mekar

DSC01445

DSC01440

Yeojwacheon stream

DSC01426DSC01436

DSC01405

Satu atau dua hari ke depan bunga ini sudah akan rontok

DSC01386DSC01403

DSC01399

DSC01461

Dan…tanpa sadar ada ratusan frame sudah memenuhi memori kamera saya.

Festival Kuliner

Festival Cherry Blossom Jinhae tidak hanya tentang menikmati indahnya bunga Sakura, tapi juga menikmati aneka kuliner Korea. Ada banyak stan makanan yang menjual street food unik khas Korea yang sayang jika dilewatkan.

DSC01487

Favorit saya, buahnya segar dan manis ditambah lelehan coklatnya

DSC01353-1

Macam-macam corndog dan odeng

DSC01350-1

DSC01355-1

Larva?

DSC01342-1

Transportasi ke Jinhae dari Seoul

Ada dua alternatif transportasi untuk menuju ke Jinhae dari Seoul, baik untuk one-day trip ataupun yang mau sekalian mampir ke Busan. Semua tergantung alokasi waktu trip dan budget.

Pertama, bisa menggunakan Intercity Bus menuju ke Jinhae berangkat dari Nambu Bus Terminal Seoul. Waktu perjalanan sekitar 4 – 5 jam. Kedua, dengan kereta cepat KTX rute Seoul – Busan dengan waktu tempuh 2, 5 jam dan dilanjutkan dengan bus dari Seobu Bus Terminal Busan menuju ke Jinhae dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

IMG_20160402_111854_HDR-1

Tiket Bus Busan – Jinhae

Advertisements

10 Comments

  1. Fitri says

    Assalamu’alaikum. Mba salam kenal. Saya fitri, udah beli tiket pesawat ke korea selatan tp tgl 23-29 maret 2017… Kira2 di kota seoul bunga sakuranya udah muncul belum ya? Hiks2…

    • Wa’alaikum salam Mbak Fitri, kalau terkait kapan bunga Sakura mekar itu tergantung kondisi cuaca sih mbak, tiap tahun bisa saja berbeda, bisa lebih cepat atau lebih lambat dari tahun sebelumnya. Semakin cepat hangat, semakin cepat mekarnya, karena itu kan abis musim dingin. Tapi untuk rata-rata di Seoul yg posisinya di utara biasanya lebih lambat. Tahun ini sekitar pertengahan April. Yang sudah mulai mekar di akhir Maret biasanya di Busan.

  2. Edwin says

    Mau tnya biasa nya tiket untuk penerbangan ke korea itu berapa? Biasnya ada promo gk untuk bulan2 gtu apa gk mgkin promo jdi pasti high season?

    • Hai Mas Edwin, saya berangkat tanggal 29 Maret 2016 dari Indonesia, pas lagi dapat tiket lumayan murah dari situs T**ve***a. Saya booking akhir desember tahun sebelumya dapat 3juta pp

  3. Ruly putri mustika says

    Mba mau tanya saya ada rencana taun depan 2017mau ke korea pengen liat pas bunga sakuranya mekar.. ada tanggal yang bisa direcomendasikan buat beli ticket pesawatnya?

    • Hai Mba Ruly, saat tepat mekarnya bisa saja berbeda ya Mbak tiap tahun tergantung kondisi cuaca. Tapi rata-rata klo untuk bagian selatan (Busan, Jinhae) mulai akhir Maret 25 sampai awal April, 1-10. Kalau di Seoul lebih lambat pertengahan April 7-14 April. Tanggal pastinya saya tidak bisa memprediksi..

  4. trini says

    mba transportasi yg paling efisien dan mudah yg mana?kalau naik bus transit brp kali? kalau naik train pakai yg korail bisa atau tdk? thanks

    • Kalau saya sih lebih suka naik kereta…KTX Seoul-Busan, dengan Korail Pass bisa dapat diskon jadinya untuk tiket pp lebih murah jatuhnya.
      Kalau bis kan saya blm pernah…jdi kurang tahu bagaimna rasanya. Yg jelas naik kereta disambung bis Busan-Jinhae lebih cepat dibandingkan bis jika mau sehari bolak-balik Seoul-Jinhae-Seoul

  5. Pingback: Hemat One-Day Trip Seoul – Busan | Langkah - Langkah Kecil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s