South Korea, Trip
Comments 18

Hemat One-Day Trip Seoul – Busan

Jika kamu tak punya banyak waktu ketika ngetrip ke Korea Selatan, tapi tetap ingin menyambangi dua kota besarnya. Atau jika kamu malas berpindah-pindah dari Seoul ke Busan, karena beban koper atau ransel yang berat. Atau jika kamu terlanjur memesan tiket pesawat pp dari Busan atau Seoul saja. Atau jika kamu ingin menyempatkan sehari ke Jinhae Cherry Blossom Festival. Mungkin kamu coba memanfaatkan salah satu fasilitas turis mancanegara yang disediakan perusahaan kereta api Korea Selatan, yaitu Korail Pass. Sekaligus menjajal kereta api cepat punya Korea, KTX.

IMG_20160420_213850_HDR

Fisik Korail Pass

IMG_20160402_235054_HDR_1459608680814

Bukti reservasi tempat duduk KTX Busan-Seoul

Korail pass merupakan diskon tiket kereta yang dapat digunakan sepuasnya sesuai masa berlakunya. Ada yang 1 hari, 3, 5 dan 7 hari. Korail Pass bisa dipesan secara online sebelum berangkat ke Korea ataupun langsung beli di stasiun utama seperti Stasiun Seoul di bagian Information. Untuk memesan dan membeli Korail Pass harus menggunakan kartu kredit. Waktu itu saya memesan secara online terlebih dahulu sebelum berangkat ke Korea. Kartu kredit saya belum terkena charge, sampai saya menukarkan fisik pass-nya di Stasiun Seoul. Sayangnya, tidak terlalu banyak pilihan jalur kereta api di Korea Selatan dibanding di Jepang.

Baca juga : Oase di Negeri Ginseng

Meskipun penggunaan Korail Pass tidak terlalu signifikan perbedaannya dibanding membeli tiket satuan, menurut saya memiliki pass semacam ini tetap menguntungkan dari segi efektifitas waktu. Karena kita tak perlu mengantri membeli tiket jika terburu-buru mengejar kereta, cukup duduk di gerbong unreserved atau pesan tempat duduk di Information, bukan di loket tiket. Sebagai simulasi, saya membeli tiket 1 day pass seharga KRW 81.000 yang bisa saya gunakan untuk perjalanan KTX Seoul-Busan pp. Jika saya membeli tiket satuan sekali jalan harus membayar KRW 59.800 untuk kelas standar. Artinya saya harus membayar KRW 119.600 pp, dengan Korail Pass saya berhemat sekitar KRW 38.600.

Kabar gembiranya lagi, kalau kamu membeli Korail Pass rame-rame (2-5 orang) untuk yang one-day harganya akan lebih murah menjadi hanya KRW 72.000 saja per orang. Dan untuk kamu yang berumur 13 sampai 25 tahun harganya pun berbeda, hanya KRW 64.000. Jadi, kalau mau jalan-jalan menjelajah Korea buruan deh mumpung masih muda…

IMG_20160402_063509_HDR

IMG_20160402_063733_HDR

Interior KTX

IMG_20160402_064315_HDR

Jangan lupa beli cemilan untuk di kereta 🙂

IMG_20160402_094114_HDR

Stasiun Busan

Tentunya penggunaan Korail Pass tidak sebatas kereta dari Seoul atau Busan, tapi ke banyak tempat di seluruh Korea yang terjangkau dengan kereta KORAIL. Termasuk kalau kamu mau ke Korean Demilitarized Zone (DMZ) atau perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Tapi perlu diingat Korail Pass tidak berlaku untuk kereta subway dan SRT.

Berikut rangkuman harga dan masa berlakunya dari halaman resmi letskorail.com

Korail Pass Price

Advertisements

18 Comments

  1. Nasya says

    Halo mba mau nanya dong. Kalo misalkan aku ber 5, yg youthnya 3, yg adult 2 gitu bisaaa?

      • Nasya says

        Ohh gitu ya mba. Btw tadi aku cek di websitenyaa, kalo yg youth itu ga bisa langsung masukin banyak kyk saver / group gitu ya? Misalkan aku masukin yg youthnya 1-1, apa nanti duduknya bisa ttp deketan atau malah mencar2 ya mbaa?

      • ngga papa saya rasa, karena ini kan bukan pesan tiketnya mba, cuman pass aja…nanti di korea saat menukar pass di sana sekalian reserve tempat duduk keretanya, jadi bisa minta deketan

  2. annie says

    Hi Mba,
    Mau nanya donk…untuk 1 Day Trip Seoul Busan apakah memungkinkan dengan menggunakan KTX? Karena perjalanan PP aja sudah 6 jam.
    terus jadwal KTX ini 24 jam atau beroperasi di jam tertentu saja ya?
    Klo tidak 24 jam, train paling pagi dari seoul jam berapa ya?
    dan train paling terakhir dari Busan jam brp ya?
    bisa share itinery mba waktu 1 day tour di Busan?

  3. Nasya says

    Halo mba. Mba maaf waktu itu lupa buat bilang makasih. Makasih ya mba atas infonyaa. Jadi referensi yg bermanfaat bgt buat saya. Hehe. Mau nanya lagi nih mba, buat yg one day pass itu, waktu keberangkatannya ditentuin ga? Atau kita milih?
    Trus buat nuker pass jadi fisik pass, 1x aja pas berangkat (sekalian buat pulangnya juga) atau 2x yaa? Makasiiiih.

    • Hehehe…syukur klo bermanfaat. Waktu nukerin pass cukup sekali aja pas mau dipake dgn menunjukkan bukti booking. Untuk waktu keberangkatan kereta kita bisa milih sendiri, bilang saja ke petugasnya mau kereta kemana, jam berapa nanti dikasih tiket kereta lagi yg ada nomer duduknya. Pesan sekalian buat pulang juga bisa…

  4. ”Tentunya penggunaan Korail Pass tidak sebatas kereta dari Seoul atau Busan, tapi ke banyak tempat di seluruh Korea yang terjangkau dengan kereta KORAIL”

    Haloo mba mau tanya, kalo ke jinhae bisa ya pakai KORAIL pass nya ?

    • Ke Jinhae, tdk ada kereta langsung dari Seoul Mba. Cuma Korail pass memang bsa dipakai untuk semua kereta di Korea kecuali SRT, metro dan kereta wisata.

  5. Halo mba, mau nanya. Kalau pesan online dengan kartu kredit, nanti pas penukaran ke fisik pass apakah harus menunjukkan kartu kredit yang kita pakai saat pemesanan online sebelumnya?

    Terima kasih mba sebelumnya 🙂

    • Halo mba…waktu pemesanan kita hanya memasukkan nomor kartu kredit tapi belum terkena charge, kartu kredit baru terkena charge saat kita menukar Korail Pass di Korea. Jadi sebaiknya memang menggunakan kartu kredit yang sama dgn saat memesan online.

      • Terima kasih mba buat jawabannya.

        Kartu kreditnya musti dibawa juga ga ya mba pas penukaran Korail Passnya? Saya belum punya kartu kredit dan berencana pinjem punya temen pas mesennya. Kalau pas penukaran apakah nanti bermasalah kalau kartu kreditnya ga dibawa mba? ><

      • Hai Mba,

        Kartu Kreditnyaa dibawa pas menukar karena akan digunakan untuk validasi dan nanti disesuaikan dgn yg digunakan untuk booking. Bawa yg dipakai untuk booking berarti, pinjam temen ngga papa kok..

  6. Hallo mba, mau nanya. Kalau pesan Korail Pass secara online, nanti pas penukaran ke fisik pass apakah harus nunjukin kartu kredit yang kita pakai sewaktu pemesanan online sebelumnya mba?

    Terima kasih sebelumnya mba 🙂

  7. Wilman Anugrah says

    Hallo mbak Rosnah, untuk pesanan di letskorail.com itu cuma ada satu tujuan yaitu Seoul ke Busan dan sebaliknya kan ya?

    Gak ada tujuan kota lain kan ya? Saya ingin ke Busan lalu balik ke Seoul tapi takut salah tujuan hahaha

    Mohon petunjuknya mbak.

    Terima kasih

    • Halo, letskorail bisa dipakai untuk memesan semua kereta yang dioperasikan Korail, semua kota dan tujuan. Jadi tidak terbatas pada Seoul dan Busan saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s