South Korea, Trip
Leave a Comment

Hemat One-Day Trip Seoul – Busan

Jika kamu tak punya banyak waktu ketika ngetrip ke Korea Selatan, tapi tetap ingin menyambangi dua kota besarnya. Atau jika kamu malas berpindah-pindah dari Seoul ke Busan, karena beban koper atau ransel yang berat. Atau jika kamu terlanjur memesan tiket pesawat pp dari Busan atau Seoul saja. Atau jika kamu ingin menyempatkan sehari ke Jinhae Cherry Blossom Festival. Mungkin kamu coba memanfaatkan salah satu fasilitas turis mancanegara yang disediakan perusahaan kereta api Korea Selatan, yaitu Korail Pass. Sekaligus menjajal kereta api cepat punya Korea, KTX.

IMG_20160420_213850_HDR

Fisik Korail Pass

IMG_20160402_235054_HDR_1459608680814

Bukti reservasi tempat duduk KTX Busan-Seoul

Korail pass merupakan diskon tiket kereta yang dapat digunakan sepuasnya sesuai masa berlakunya. Ada yang 1 hari, 3, 5 dan 7 hari. Korail Pass bisa dipesan secara online sebelum berangkat ke Korea ataupun langsung beli di stasiun utama seperti Stasiun Seoul di bagian Information. Untuk memesan dan membeli Korail Pass harus menggunakan kartu kredit. Waktu itu saya memesan secara online terlebih dahulu sebelum berangkat ke Korea. Kartu kredit saya belum terkena charge, sampai saya menukarkan fisik pass-nya di Stasiun Seoul. Sayangnya, tidak terlalu banyak pilihan jalur kereta api di Korea Selatan dibanding di Jepang.

Baca juga : Oase di Negeri Ginseng

Meskipun penggunaan Korail Pass tidak terlalu signifikan perbedaannya dibanding membeli tiket satuan, menurut saya memiliki pass semacam ini tetap menguntungkan dari segi efektifitas waktu. Karena kita tak perlu mengantri membeli tiket jika terburu-buru mengejar kereta, cukup duduk di gerbong unreserved atau pesan tempat duduk di Information, bukan di loket tiket. Sebagai simulasi, saya membeli tiket 1 day pass seharga KRW 81.000 yang bisa saya gunakan untuk perjalanan KTX Seoul-Busan pp. Jika saya membeli tiket satuan sekali jalan harus membayar KRW 59.800 untuk kelas standar. Artinya saya harus membayar KRW 119.600 pp, dengan Korail Pass saya berhemat sekitar KRW 38.600.

Kabar gembiranya lagi, kalau kamu membeli Korail Pass rame-rame (2-5 orang) untuk yang one-day harganya akan lebih murah menjadi hanya KRW 72.000 saja per orang. Dan untuk kamu yang berumur 13 sampai 25 tahun harganya pun berbeda, hanya KRW 64.000. Jadi, kalau mau jalan-jalan menjelajah Korea buruan deh mumpung masih muda…

IMG_20160402_063509_HDR

IMG_20160402_063733_HDR

Interior KTX

IMG_20160402_064315_HDR

Jangan lupa beli cemilan untuk di kereta 🙂

IMG_20160402_094114_HDR

Stasiun Busan

Tentunya penggunaan Korail Pass tidak sebatas kereta dari Seoul atau Busan, tapi ke banyak tempat di seluruh Korea yang terjangkau dengan kereta KORAIL. Termasuk kalau kamu mau ke Korean Demilitarized Zone (DMZ) atau perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Tapi perlu diingat Korail Pass tidak berlaku untuk kereta subway dan SRT.

Berikut rangkuman harga dan masa berlakunya dari halaman resmi letskorail.com

Korail Pass Price

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s