China, City, Culture, Trip
Leave a Comment

Sore di Xian City Wall

Badan belum terlalu lelah dan kaki masih sanggup berjalan meskipun setengah hari sudah saya habiskan di Lintong, mengunjungi Terracotta Army Museum. Sempat istirahat sebentar di hotel dan mengganti baju yang basah kehujanan di Lintong, saya melanjutkan eksplorasi kota tua Xián. Kali ini saya ingin menyusuri tembok besar yang mengelilingi area tempat saya tinggal, tembok yang mengelilingi pusat kota, Xián Ancient City Wall.

Jarak ke gerbang selatan (South gate) hanya satu stasiun subway dari Bell Tower,  yaitu dekat stasiun Yongningmen (Line 2), jadi saya memilih untuk berjalan kaki saja menyusuri trotoar yang sangat lebar sembari menikmati udara sore yang cukup dingin. Gerbang ini merupakan pintu masuk utama bagi pengunjung, sekaligus yang memiliki desain paling indah.

DSC02392-1

Terowongan menuju City Wall

DSC02400-1

Peta layout City Wall

DSC02402-1

Loket Tiket

Lobby tiket berada di bawah tembok yang menjulang setinggi 12 meter. Tepat sebelum pintu gerbang yang sangat megah, yang ketika saya memasukinya berasa masuk ke dunia film kolosal China. Iya, untuk bisa berjalan menyusuri tembok ini tidaklah gratis. Setiap pengunjung dewasa dikenakan biaya 54 Yuan.

Persis di depan pintu masuk menuju tangga-tangga curam ada sebuah amphi theatre yang digunakan untuk pertunjukan Parade Warrior pada jam-jam tertentu. Tentu ada tambahan tiket yang mesti dibeli jika ingin menontonnya.

DSC02607-1

Gerbang masuk

DSC02566-1

Tempat pertunjukan

Sejarah

Xián City Wall awalnya dibangun pada masa Dinasti Tang (abad ke-7 sampai 10 M). Kemudian dikembangkan pembangunannya pada masa Dinasti Ming (abad ke-14 sampai 17 M) yang bentuk bangunannya ada sampai sekarang. Membentuk tembok keliling sempurna segi empat yang mengelilingi pusat kota sepanjang 13,7 kilo meter. Terdapat benteng di setiap jarak 120 meter, sehingga total ada 98 benteng yang dibangun untuk mencegah tentara musuh memanjat tembok. Ketinggian tembok Xián mencapai 12 meter, dengan lebar 12-15 meter pada bagian atasnya dan 15-18 meter pada bagian bawah bangunan.

***

Saya memulai memasuki bagian atas tembok setelah meniti puluhan tangga yang cukup curam. Dari atas tembok langsung terpampang nyata pemandangan indah kota Xián. Di sebelah selatan berdiri megah bangunan-bangunan tinggi modern seperti kawasan Sudirman Jakarta, sementara di sebelah utara tak jauh dari pintu gerbang ada perkampungan dengan rumah-rumah China kuno. Mungkin dulunya ini adalah perkampungan yang masuk dalam perlindungan tembok Xián.

Angin sore kala itu begitu kencang, menambah dingin udara namun tak mengurangi antusias dan perasaan takjub saya. Kekaguman terhadap kemegahan peninggalan sejarah yang masih terawat. Kekaguman terhadap modernisasi kota tanpa menghilangkan kemegahan masa lalu. Oh iya, di bawah tembok tua ini juga melintas kereta bawah tanah atau subway Kota Xián.

Jika saya berdiri tepat di atas pintu South Gate di sebelah bangunan benteng dan menghadap ke utara, maka Bell Tower akan terlihat tepat di ujung garis lurus jalan. Sangat indah dan simetris lay out bangunannya. Pengunjung bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi tembok jika tak kuat berjalan. Rental sepeda tersedia di dekat South Gate, tentunya ketika sudah berada di atas tembok. Sewa sepeda dipatok 45 Yuan per 2 jam pemakaian untuk sepeda single, sementara sepeda tandem dibanderol 90 Yuan per 2 jam. Untuk mengelilingi seluruh bangunan tembok ini, diperkirakan memakan waktu selama 1,5 sampai 2 jam dengan bersepeda. Namun jika berjalan kaki…tergantung tingkat stamina masing-masing orang tentunya. Bagaimana? Sanggupkah kamu mengelilingi tembok sepanjang 13,7 kilo meter ini?

DSC02570-1

Bell Tower di ujung jalan

DSC02452-1

Informasi sejarah City Wall

DSC02482-1

DSC02419-1

Benteng South Gate

DSC02431-1

DSC02537-1DSC02473-1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s